Agar Anak Suka Membaca



Oleh : Eisha Father


Membaca adalah salah satu sarana untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Maka setiap mereka yang suka membaca pengetahuannya akan semakin banyak. Dengan banyak membaca seseorang akan mengetahui lebih banyak informasi dibandingkan mereka yang tidak suka membaca. Dengan membaca juga wawasan seseorang akan melebihi rata-rata orang yang tidak suka membaca, selain itu dengan banyak membaca seseorang akan lebih dapat untuk memutuskan suatu permasalahan dengan labih bijak.
Minat baca atau hobby dengan membaca merupakan proses yang berlangsung lama dalam arti ia tidak datang dengan tiba-tiba. Maka untuk menjadi seorang yang suka membaca kita harus membiasakan diri dengan membaca atau selalu melakukan hal-hal yang mendekatkan kita kepada bacaan. Karena sifatnya yang tidak instan maka kesukaan terhadap aktifitas membaca harus dibiasakan sejak kecil.
Barangkali sebagian kita adalah orang-orang yang suka membaca, namun bagaimana dengan anak-anak kita? Apakah mereka juga suka membaca? Pada umumnya ketika orang tua suka membaca maka anak akan ikut-ikutan suka membaca juga. Namun jika anda suka baca tapi anak anda tidak suka membaca sepertinya ada sesuatu yang salah dalam mendidik mereka. Kesalahan itu terletak pada pendidikan dan cara membiasakan agar anak suka membaca.
Seperti disebutkan di awal bahwa kesukaan anak terhadap bacaan bukan terjadi begitu saja, melainkan melalui proses melihat, meniru dan melakukan apa yang orang di sekitarnya melakukannya pula. Seorang anak yang sering melihat orang tuanya atau orang-orang di sekitarnya membaca buku tentu akan memiliki peluang lebih besar untuk menjadi seseorang yang suka dengan membaca juga. Bagaimana jika tidak? Tips berikut dapat dijadikan pedoman bagi para orang tua yang menginginkan anaknya suka membaca. Tips ini sudah saya praktekan terhadap putrid saya dan Alhamdulillah dia sekarang suka membaca dan kini telah berlanjut dengan suka menulis di komputernya.
  1. Kepung anak dengan buku : maksudnya adalah jadikan lingkungan di sekitar anak dipenuhi dengan buku. Dengan melihat buku di sekitarnya maka anak kecil akan cenderung untuk penasaran dan ingin melihatnya. Apalagi jika buku tersebut penuh dengan warna yang menarik perhatian.
  2. Ajak anak ke toko buku : Mengajak anak belanja buku atau hanya berkunjung ke took buku adalah saat yang tepat untuk menumbuhkan minat anak terhadap buku, jadwalakanlah minimal satu bulan satu kali untuk pergi ke took buku.
  3. Hadirlah pada pameran buku : jika selama ini kita punya program jalan-jalan dengan keluarga minimal tiga bulan sekali maka sekali-kali ajaklah seluruh keluarga untuk menghadiri pameran buku yang diadakan minimal tiga bulan sekali. Misalnya di Jakarta diadakan hamper tiga bulan sekali ada pameran buku : Bulan Maret ada Islamic Book Fair, sekitar Juli ada Pesta Buku Jakarta, Nopember ada Indonesia Book fair, pada bulan September-Onktober juga diadakan Library and Publiser Expo semuanya diadakan di Senayan dan Jakarta Convention Center. Di kota-kota lain juga diadakan pameran buku seperti di Bogor, Bandung, Solo, Surabaya dan tempat lainnya.
  4. Wisata Buku : saat ini sudah mulai berkembang wisata buku terutama di Bandung dan Jakarta maka sekali-kali ajaklah aanak kita untuk datang ke sana.
  5. Mengikuti launching buku : untuk menanamkan cinta anak terhadap bacaan sekali-kali ajaklah anak untuk menghadiri peluncuran buku, tentunya yang sesuai dengan umur mereka.
  6. Memberikan hadiah buku pada anak : jika selama ini kita selalu memberikan hadiah berupa makanan, mainan atau pakaian rubahlan dengan memberikan buku yang dia suka hal ini akan memberikan kebahagiaan tersendiri pada anak
  7. Belanja buku : tetapkanlah anggaran untuk belanja buku anak anda. Jangan terlalu besar, kalau memang anggaran kita terbatas belilah buku-buku yang murah namun tetap berkualitas atau saya sendiri sering membeli majalah dan buku bekas di Pasar Senen Jakarta, Stasiun Kereta Bogor, kaki lima dan para penjual buku bekas lainnya. Tidak usah malu untuk membeli di tempat-tempat itu karena kualitasnya juga tetap bagus, asal jangan bueli buku bajakan aja.   
  8. Teladan orang tua : ini adalah hal paling penting, seorang anak yang disuruh untuk membaca buku sementara orang tuanya asik nonton TV tentu akan menjadikan anak merasa terpaksa dan sulit untuk suka membaca.
Semoga kedelapan tips tersebut bisa di praktekan sehingga anak-anak kita akan menjadi generasi yang suka membaca. Dengan suka membaca insya Allah wawasan kita akan lebih luas. Wallahu a’lam.      

0 komentar:

Posting Komentar