Membuat Tulisan Yang Unik dan Memiliki Kekhasan



Oleh : Abdurrahman MBP


Membuat sebuah tulisan tidaklah hanya merangkai kata dan kalimat, ia adalah hasil dari interpretasi diri dalam melihat hakikat hidup insani. Karena sifatnya yang personal maka tulisan yang dihasilkan benar-benar berasal dar interpretasi diri sehingga ia memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Di sinilah kekuatan dari sebuah tulisan, ia kan berbeda dengan yang lainnya walaupun tema yang dibahasnya sama.
Keunikan sebuah tulisan tidak hanya ditentukan oleh interpretasi penulis, ia dapat disetting sesuai dengan pengetahuan dari penulis. Walaupun hal ini sulit dilakukan terutama bagi para penulis pemula. Setting interpretasi diri adalah rekayasa pemahaman terhadap suatu permasalahan. Ia diperlukan ketika menulis tentang suatu tema yang telah banyak ditulis oleh penulis lainnya dalam bahasa penulis ini disebut dengan angle tulisan.
Walaupun dapat disetting namun tulisan dengan interpretasi pribadi akan memiliki nilai lebih dalam keunikan dan kekhasannya. Misalnya permasalahan ikhlas, sudah sangat banya buku-buku yang membahas tentang ikhlas, namun jika kita tulis sesuai dengan pengalaman pribadi kita tentu ia akan berbeda dengan tulisan-tulisan lainnya.
Keunikan suatu tulisan juga dapat diciptakan dengan meramu beberapa permasalahan yang telah ada, misalnya masalah shalat jika hanya dengan judul “Pedoman Shalat lengkap” maka tidak ada nilai lebih dari tulisan tersebut. Namun jika merubahnya misalnya judulnya diganti dengan “Panduan Shalat Secepat Kilat” tentu orang akan tertarik dan berfikir ada yang baru dalam buku tersebut. Tentunya pemilihan judul di sini harus dibarengai dengan pola pendekatan penulisan yang khas dan berbeda dengan yang lainnya.
Kekhasan tulisan seseorang akan mempengaruhi nilai tulisan sekaligus prestise baginya, hal ini karena setiap hasil karyanya merupakan hasil original dari dirinya sendiri. Sehingga semakin banyak penulis memiliki kekhasan maka akan semakin bervariasilah dunia penulisan kita. Maka kreatifitas penulis adalah sebuah keniscayaan.  

0 komentar:

Posting Komentar